Kamis

ROM dan RAM pada Komputer


ROM dan RAM pada Komputer, dua komponen ini selalu ada didalam sebuah perangkat Komputer, baik itu pada sebuah PC, Laptop, bahkan sekarang sebuah SmartPhone sudah dirancang dengan sistem ROM dan RAM. Nah, apa yang dimaksud dengan ROM dan RAM?

RAM
RAM atau Random Acces Memory terdiri dari sekumpulan chip-chip. Penggunaan RAM adalah untuk menampung data yang diproses, instruksi program untuk memproses data, data yang telah diproses dan sedang menunggu untuk dikirim sebagai output, serta juga menampung instruksi sistem operasi pengontrol fungsi dasar dari komputer.

Di dalam RAM semua data dan instruksi ditampung secara temporer, tergantung dengan data yang diproses. Ketika RAM dicabut dari Mainboard saat daya mati maka semua data dan instruksi yang ada di dalamnya akan hilang secara permanen.

Kapasitas RAM sangat bervariasi dalam komputer, dalam hal ini kapasitas sangat penting karena menentukan seberapa banyak data yang bisa diproses dalam waktu yang sama dan seberapa besar program yang bisa menempatinya.sistem operasi komputerlah yang bertugas membagi penggunaan RAM agar bisa menjalankan programn dengan baik.

ROM
Read Only Memory (ROM) merupakan kumpulan chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang dibutuhkan saat komputer dinyalakan. ROM tidak dapat ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM dibuat dengan sistem instruksi dan program yang sudah disimpan dan diisikan oleh pabrik pembuatnya. Untuk mengganti isinya adalah dengan menggantinya dengan ROM yang baru.

ROM biasa digunakan dalam komputer untuk penyimpan BIOS (Basic Input Output System). BIOS merupakan bagian yang sangat kritis dari suatu sistem operasi, yang berfungsi memberi tahu bagaimana caranya dapat mengakses disk drive. Saat komputer dinyalakan dalam kondisi RAM masih kosong maka instruksi pada ROM BIOS yang digunakan oleh CPU, komputer kemudian baru memindahkan file-file tersebut ke dalam RAM dan menjalankannya.

Sifat memory RAM adalah Volatile, yaitu bersifat sementara,maksudnya jika Komputer tidak dialiri listrik maka data yang tersimpan akan hilang, berbeda dengan Non-Volatile yaitu Jika Komputer tidak dialiri listrik pun maka data yang tersimpan akan tetap ada/tidak hilang, contohnya seperti Hardisk,Flashdisk,MicroSD dan lain-lain.
Cara kerja ROM sendiri berbeda dengan RAM, karena sifat ROM adalah bawaan dari Operating sistem, maka data ROM tidak bisa diubah/dihapus bahkan juga tidak bisa ditambah, data pada ROM berisi tentang perintah-perintah yang digunakan dalam menjalankan sebuah operating sistem, pada saat komputer dijalankan maka ROM akan mengirimkan perintah-perintah ke dalam RAM, yang kemudian akan berjalan dan tersimpan didalam RAM. Nah pada saat anda menggunakan Komputer semisal mengerjakan/membuat sebuah file seperti Ms.Office, maka sebuah RAM akan menyimpan file tersebut secara Volatile hingga sampai anda menyimpan file tersebut kedalam memory yang Non-volatile/biasanya Hardisk.

Disaat anda menginstall sebuah aplikasi yang size/ukurannya agak besar, maka sebenarnya sebuah RAM ikut menyimpan data baru yang ada dalam aplikasi tersebut, dalam arti semua log atau aktifitas komputer pada saat anda menggunakan komputer semuanya akan tersimpan dalam memory RAM, jadi wajar saya jika anda dianjurkan restart setelah menginstall sebuah aplikasi yang size nya cukup besar, karena memory RAM anda juga butuh untuk dikosongkan setelah terisi penuh dengan data aplikasi yang baru anda restart.

Nah, anda pernah memperhatikan sebuah komputer saat restart? apakah setelah anda klik shutdown maka komputer akan langsung mati? tidak bukan, pasti komputer memerlukan jeda, itu adalah proses dimana sebuah RAM akan menyimpan data yang ada didalamnya kedalam media memory yang bersifat Non-volatile biasanya Hardisk, semakin anda lama menggunakan Komputer atau semakin banyak anda membuat atau mengolah sebuah file pada Komputer maka semakin lama pula jeda yang dilakukan Komputer pada saat proses shutdown, itu bukan karena proses Komputer anda yang lambat atau error, tetapi itu adalah sebuah proses yang sangat masuk akal, jadi jangan pernah anda mematikan PC anda secara manual jika ingin data yang anda olah tadi utuh/tidak broken.

Nah, sudah cukup jelas mengenai ROM dan RAM? semoga cukup membantu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar diblog ini. Komentar sesuai dengan artikel yang bersangkutan bisa lebih membantu teman-teman lainnya.
Terima Kasih